Jumat, 19 Juni 2015

Tempo Gelato, Jogjakarta

Hai!
Minggu lalu aku sempat short escape ke Jogjakarta, tapi aku belum ada tujuan mau pergi kemana. Mau belanja, hahaha lagi nggak ada barang yang benar-benar dicari. Cuaca yang panas banget, bikin aku kepikiran buat cari gelato.

Biasanya, kalau aku ke Jogja, selalu mampir ke Artemy buat cari gelato. Tapi kemarin, aku menemukan tempat Gelato yang nggak kalah sama Artemy. Namanya Tempo Gelato, letaknya di daerah Prawirotaman yang termasuk 'daerah turis' tapi suasananya lebih sepi dan tenang daripada daerah Malioboro.

Aku menginap di Hotel Mataram, dekat Stasiun Tugu. Dari sana, tanya ke petugas hotel kalau mau ke prawirotaman enaknya naik apa? Mereka menyarankan naik taksi saja biar nggak ribet, aku sih nurut aja hahaha. Iya, bukannya aku nggak mau susah dan cemen, tapi seingatku daerah situ nggak langsung dilewati Transjogja. Kalau mau ke Prawirotaman, setelah turun di halte pojok benteng wetan, tetap harus naik becak lagi. Benar nggak sih?

Oke, kalau kamu mau naik taksi kayak aku, dari Stasiun Tugu ke Prawirotaman itu argonya sekitar 26-27ribu dengan kondisi lalu lintas yang ramai lancar. Kamu tinggal bilang ke supir taksi, mau ke Prawirotaman I, depan Hotel Pandanaran.

Waktu aku turun dari taksi, langsung dibikin kagum sama bangunannya yang unik. Semacam rumah kaca.






Masuk ke dalam, semakin dibuat suka sama interiornya yang didominasi batu bata dan kayu yang dicat kasar dan nggak diplester dulu. Yang paling aku suka adalah kaca-kaca yang bikin pencahayaan dalam kedai jadi terang. Suasana di dalamnya homy banget dan nyaman. Pelayannya juga ramah, aku tanya ini itu, mereka jawab dengan senang hati. 









Setelah dibuat suka dengan tampak luar bangunan dan interiornya, ada satu hal lagi yang bikin kamu jatuh cinta sama tempat ini: GELATO. Tempo Gelato punya banyak banget rasa. Banyak banget!! Mulai rasa yang biasa kayak coklat atau strawberry, rasa sejuta umat kayak matcha atau nutella, sampai rasa yang nggak biasa kayak chocolate-chili atau kemangi. Wait... kemangi? Penasaran kan gimana rasa kemangi dibikin jadi eskrim? Keep reading, fellas! 







Untuk gelato dengan cone, harganya 25ribu aja, sama kayak argo minimal taksi di jogja hahaha. Harga segitu, kamu bisa pilih 2 rasa yang kamu suka dan cone yang menurutku guede banget! Kalau dibandingkan dengan ukuran gelato di Artemy, ukuran di Tempo Gelato lebih besar.



Aku mencoba gelato rasa Raspberry dan Spicy Chocolate (Chocolate-chili). Rasa raspberrynya berasa banget dan asem-asem seger pokoknya. Kalau Spicy Chocolate, rasanya kayak coklat aja, tapi ada hint cabe alias pedes-pedes gitu. Tenang aja, rasa cabenya nggak terlalu kuat kok, jadi kamu nggak akan kepedesan gara-gara makan gelato. Kalau kamu icip rasa raspberry dan spicy chocolate digabung, jadi berasa rujak hahaha, manis-asem-pedes. Enak dan seger banget pokoknya! Untuk teksturnya sendiri aku rasa lebih thick dari gelato di Artemy, dan nggak gampang cair atau netes-netes.



Sebelum pulang, aku memutuskan untuk mencoba gelato rasa kemangi yang tadi aku sebutkan. Ya, kemangi yang suka dipakai ibu buat bumbu pepes itu lho. Aku tanya ke mbaknya, gimana rasa kemangi. Dia bilang rasanya adem kayak mint, dan mbaknya bilang, gelato ini dibuat dari daun kemangi asli. Aku juga mencoba gelato rasa nutella. Kali ini aku pilih porsi dengan small cup seharga 20ribu aja. 

Untuk rasa nutellanya sendiri, menurutku kurang berasa nutella hahaha. Sedangkan untuk rasa kemangi sendiri, ini rasanya bener-bener kayak kamu makan daun kemangi, tapi manis dan lembut. Unik banget rasanya. Dan aku setuju sama mbaknya, rasa eskrim kemangi ini dominan rasa mintnya. Tapi tetep aja sih rasanya daun kemangi. hahaha.

Sebenernya besoknya aku mampir lagi ke Tempo Gelato hehehe, aku coba gelato rasa caramel dan mint. Rasa caramelnya berasa banget. Kayak kamu makan sirup caramel yang dingin. Sedangkan untuk rasa mint-nya sendiri..... hahaha entahlah kok aku malah ngerasa itu kayak rasa kemangi ya. Beneran deh rasanya mirip banget, cuma yang ini nggak ada aroma-aroma kemangi. 



Oh ya, selain menjual gelato, sepertinya mereka juga menjual kopi atau mungkin affogato. Karena aku melihat ada mesin kopi disana.

Aku suka banget tempat ini, dan gelatonya juga. Sayangnya, nggak ada lahan parkir yang memadai. Jalan di depannya sempit banget. Kalau kamu kesini pakai mobil, dapat parkirnya untung-untungan. Kalau naik motor, masih ada lah parkir di depannya. Sayangnya lagi, meskipun disini itu daerah turis, agak susah juga sih nyari taksi. Hehehe. 

Pokoknya, tempat ini recommended banget buat kamu yang suka makan eskrim dan pengin coba rasa eskrim yang unik. 

Tempo Gelato,
Jalan Prawirotaman I Nomor 43,
Yogyakarta



Thank you,
:)




2 komentar:

  1. wuaaahhhh kalo ke jogja ini harus dicoba berarti ^o^... aku jg suka bgt gelato, es krim ato segala yg dingin2 ini :D.. jrg memang ke jogja mba, jd kurang begitu tau tempat2 makannya yg happening

    BalasHapus
    Balasan
    1. HARUS banget dicoba, apalagi mereka punya rasa yang unik! hehehe. Wah aku apalagi, jarang juga hehehe sering2 googling aja cari rekomendasi :D

      Hapus