Minggu, 07 Juli 2013

Novel yang Asik Dibaca Selama Liburan

Eh, beberapa hari ini banyak banget temen yang tiba-tiba nanya sama saya, "Deb, buku yang bagus apaan sih? jangan yang berat-berat tapi..." Saya bingung mau jawab apa, padahal banyak buku yang saya baca, bagus dan materinya juga gak berat. Cocok dibaca hari gini waktu hidup lagi santai.

Saya tuh anaknya teenlit banget, hobinya baca teenlit, baca novel cinta-cintaan unyu padahal anak SMA aja bacanya novel Agatha Christie. Langsung aja, inilah 12 buku yang menurut saya asik buat dibaca pas liburan gini.


Percaya by Diego Christian   
Ceritanya lebih ke hubungan anak-orang tua, hubungan persahabatan, dan gimana caranya ngatasin konflik yang ada. Nggak ada cinta-cintaan unyu gitu. Bisa banget dibaca buat yang lagi males ngurusin urusan hati atau urusan cowok HAHA. 
 

Joker by Valiant Budi
Edan ini edan! kenapa saya bilang edan... karena twist cerita novel ini keren banget. Saya setuju sama pendapatnya Morgan SM*SH soal novel ini, waktu saya baca ceritanya, saya ngerasa banyak yang ganjil, dan akhirnya saya bengong sendiri waktu dapat jawabannya. 


Good Fight by Christian Simamora
Kalau yang tadi edan, yang ini epic! Luar biasa! Novelnya tebeeel banget, tapi asyik buat dibaca, serius deh. Ceritanya soal hubungan cinta yang rumit, yang hubungan benci-jadi-cinta, selingkuhan ketemu selingkuhan. Konfliknya apik banget, plotnya naik turun, ditambah 'bumbu' adegan saru yang tetep asik dibaca.Pokoknya seru banget!

"....tato yang senang mengintip-ngintip nakal dari balik lengan kaus cowok itu..."
- if you know what i mean ;)


Hujan dan Teduh by Wulan Dewatra
Saya kok ngerasa sinopsis belakang buku dan isi bukunya agak nggak berhubungan. Tapi karena isi ceritanya keren jadi nggak apa-apa deh. Kasihan, sama tokoh utama yang kena masalah terus, tapi gimana dia survive dan ngelewatin masalah itu, yang bikin saya menikmati buku ini sampai selesai. Ini tentang cinta. Dan sempat dibikin kesal juga sama si tokoh laki-laki, kok nyebelin sih. Saya suka aja gitu sama cara berceritanya Wulan Dewatra, deskripsinya bisa banget. 


One Last Chance by Stephanie Zen
Membaca buku ini bikin saya punya prinsip hidup baru, "Tidak ada patah hati yang tidak menghasilkan royalti.". HAHAHA ceritanya tentang penulis yang menjadikan mantan-mantan pacarnya sebagai tokoh utama di tulisannya dan dia selalu pakai nama asli mantan-mantannya itu. Sampai dia ketemu satu cowok, dan dia pengin nulis soal si cowok ini dengan akhir yang bahagia. Tapi nggak gampang dong karena ada salah satu tokoh di novel terdahulu (mantan pacarnya) yang bikin konflik disini. 


 Hujan Punya Cerita tentang Kita by Yoana Dianika
Saya suka covernya. Saya suka judulnya. Ceritanya apalagi. Ceritanya mengambil topik Kuliah Kerja Nyata yang jarang banget dibahas, dan saya baca novel ini sebelum KKN, terus saya langung kepengin KKN gitu. Saya sebagai pembaca sok tahu, ngerasa bisa nebak ending ceritanya, tapi ngeselin banget... endingnya antara ketebak, tapi enggak. hahaha gimana sih maksudnya, ya silakan baca aja sendiri. Asik banget. 
 

 Refrain by Winna Efendi
Too bad, saya belum nonton filmnya! Saya masih inget, waktu kelas 3 SMA, temen saya (cowok) baca buku ini di kelas dan saya jadi penasaran karena dia bilang bagus. Akhirnya saya baca dan..... sampai sekarang pun masih sering bolak-balik baca. Entah kenapa, walaupun ceritanya klise, soal sahabat jadi cinta, cinta segi banyak, anak basket-cheerleader, tapi nggak ngebosenin. Winna Efendi adalah salah satu penulis favorit saya, dan cerita yang biasa aja bisa dibuatnya menarik.


 Jump by Moemoe Rizal
Waku beli buku ini saya dihadapkan pada dua pilihan, antara 'Jump' dan 'Good Lawyer'. Tapi, otak teenlit saya memilih Jump untuk dibeli. Dan saya nggak menyesal walaupun sekarang novel 'Good Lawyer' susah banget dicari.
Ceritanya tentang kehidupan seorang eks-kapten cheerleader setelah turun jabatan. Asli, penuh intrik banget, tapi seru. Tapi ceritanya disini SMA yang highclass banget di Bandung, jadi jatohnya lebih kayak SMA di luar negeri gitu. Dan kayaknya novel ini terinspirasi dari Bring It On deh, karena setelah baca ini ya saya jadi keingetan Bring It On. Tapi seru banget, jadi tahu gimana suka-duka-nya anak cheerleader. Jadi pengin ngulang jaman SMA dan masuk cheerleader. *dilempar sepatu*


Heart Emergency by Falla Adinda
Personal literatur. Menarik. Karena jadi tahu gimana ribetnya kehidupan koas-koas yang selama ini cuma saya lihat di RSHS yang ganteng-ganteng. Kalau ditarik garis besarnya sih soal  lika-liku kehidupan percintaan si koas ini (Falla) mulai dari putus sama pacarnya yang udah 4,5 tahun, sampai ketemu orang baru yang akhirnya mereka pacaran LDR. Saya kan anaknya suka kepo sama hidup orang, jadi ya saya menikmati aja baca buku ini. Tapi saya masih penasaran sama artis yang periksa ke dokter kelamin itu, siapa ya kira-kira....

 
Dan Hujan Pun Berhenti by Farida Susanti
Beda banget sama teenlit yang lain. Yang ini suram, tapi seru! Tokoh utamanya cowo dan cerita ini diceritakan dari sudut pandang orang pertama. Konflik keluarga, percintaan, persahabatan, komplit satu paket disini.   Karakter utama (Leostrada) bikin saya jatuh cinta deh. Gara-gara novel ini, saya ngasih nama Mama Papa di kontak ponsel jadi Okasan Otosan hahaha. Meskipun banyak tulisan yang pakai capslok dan bahasa lisan disini yang bikin agak pusing, tapi alur ceritanya bagus. 

"Lo tahu poin bunuh diri?! Gue membunyikan sendiri gong akhir hidup gue, dan itu murni urusan gue!"
Lo tahu poin bunuh diri?! Gue membunyikan sendiri gong akhir hidup gue, dan itu murni urusan gue! - See more at: http://celotehsenja.tumblr.com/page/8#sthash.3Gj2K7GP.dpuf
Lo tahu poin bunuh diri?! Gue membunyikan sendiri gong akhir hidup gue, dan itu murni urusan gue! - See more at: http://celotehsenja.tumblr.com/page/8#sthash.3Gj2K7GP.dpuf
 

Cewek!!! dan Still... by Esti Kinasih
Ih, ini teenlit favorit saya waktu kelas 1 SMA. Waktu itu pinjam temen karena belum mampu beli sendiri. Saya suka novel Cewek!!! karena disini ceritanya soal pendaki gunung, hahaha. Tentang 3 cewek yang berbeda karakter, Langen, Fani, dan Febi dengan pasangannya masing-masing, Rei, Bima, dan Rangga. Suka dukanya pacaran sama anak pencinta alam. Bagian yang paling saya suka adalah waktu 3 cewek ini nantangin pacarna kebut gunung. Taktik mereka asik banget buat dibaca. Jadi pengin naik gunung juga. Jadi pengin punya pacar anak pencinta alam 
Sedangkan yang 'Still...' ini lebih fokus ke hubungan Fani dan Bima yang putus. Karakter Bima yang oh-so-arogan-bin-nyebelin-banget disini jadi mellow syahdu setelah putus dari Fani. Disini juga diceritain masa lalu si Bima sama mantan-mantannya yang bejibun itu. Enaklah dibacanya.

"First cut is the deepest." - Still...



Goodbye Happiness by Arini Putri
Novel berbau korea, bukanlah novel yang menjadi favorit saya. Saya cenderung malas ketika menemukan nama-mana asing di halaman pertama novel dan biasanya saya tidak melanjutkan membacanya, walaupun membaca, akan membutuhkan waktu yang lama. Tapi Goodbye Happiness menyuguhkan hal yang berbeda. Alur cerita yang menyentuh dan mengaduk emosi, membuat saya membacanya terus menerus hingga halaman terakhir kemudian membacanya lagi dan lagi...... sejauh ini saya belum bosan membaca ulang novel tsb.
 
"Apa pun jawaban kamu yang sebenarnya. Aku tetep berusaha percaya, kalau kamu sebenarnya sayang sama aku. Aku percaya itu, Skan."


Sekian 12 (13) novel 'ringan' yang (menurut saya) asik dibaca pas liburan gini. 
Selamat membaca, semoga suka. 

:) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar